Welcome to Lucy's Blog. You'll find a yellowstar!!! Mariii Bergilaa dengan sastra !!!: Kekuatan Sebuah Jurnal

Senin, Mei 25, 2009

Kekuatan Sebuah Jurnal



Suatu hari sepulang sekolah, aku dibelikan sebuah buku catatan kosong dan aku mengubahnya menjadi jurnal pribadiku. Di bagian depan, kutuliskan perilaku dan keyakinan macam apa yang ingin kumiliki. Aku juga memilih cita-cita di luar diri.
Tiap hari, selama beberapa menit, aku menulis di buku jurnalku. Kadang-kadang, aku menulis hal-hal yang nggak masuk akal kayak, “DOENG! hari ini Vidi kelihatan keren waktu dia konser dan bawain lagu ‘status palsu’.”

Tapi setelah hal-hal yang nggak masuk akal tadi, aku selalu memikirkan perilaku dan cita-citaku selama beberapa menit. “Sebagai manusia, sebenarnya aku ini mengarah ke mana? Bagaimana dengan keyakinanku? Apakah hari ini aku sudah semakin dekat dengan cita-citaku?”
Kadang-kadang, aku nggak selalu suka dengan jawabannya. Kadang-kadang, aku sadar bahwa aku telah membiarkan orang lain mengontrol kepercayaan dirikku, atau saat latihan drama tadi, aku terlalu malas, atau aku telah berlaku kasar pada keluargaku. Setiap hal itu terjadi, aku nggak marah pada diriku sendiri. Aku cuma berkata dalam hati bahwa lain hari aku akan coba untuk nggak egois, berlatih lebih keras, atau bersikap jauh lebih baik pada keluargaku.

Karena aku menyempatkan diri, tiap hari, untuk menjalani prinsipku sendiri, orang lain nggak bias dengan mudah mengontrolku. Kubimbing diriku sendiri kea rah keyakinan yang semakin kukuh dan lambat laun kepercayaan diriku tumbuh. Dan aku lebih mudah bersikap dengan teman. Senyum selalu menghiasi hari-hariku. Dan karena ini, aku bisa menjadi seorang teman curhat dari orang-orang disekelilingku. Aku merasa nyaman dengan ini, karena kepercayaan yang telah mereka berikan kepadaku merupakan penghargaan bagiku. Dan akan ku raih terus penghargaan itu walau sampai seribu bahkan jutaan penghargaan.


0 comments: