Welcome to Lucy's Blog. You'll find a yellowstar!!! Mariii Bergilaa dengan sastra !!!: TIGA LANGKAH MENUJU SIKAP MENTAL YANG POSITIF

Selasa, Juni 16, 2009

TIGA LANGKAH MENUJU SIKAP MENTAL YANG POSITIF


1. Berpikirlah, jangan reaktif. Kalau timbul kesulitan, kecenderungan alami kita adalah panik atau marah, bahkan penuh kebencian. Reaksi seperti itu dikondisikan secara emosional, dan kalau perbuatan seseorang ditentukan dalam kondisi pikiran seperti itu, kemungkinan besar ia akan berbuat secara tidak rasional.
Kita harus mendisplinkan diri agar tenang dalam berpikir. Kita harus mendinginkannya. Karena pikiran tidak dapat berpikir kalau sedang panas; hanya kalau sedang dinginlah pikiran akan menghasilkan konsep-konsep faktual rasional yang akan membawa solusi-solusi. jadi, janganlah biarkan diri Anda emosi. Berpikirlah
Sesungguhnya kepala anda adalah asset terbesar Anda. Kendalikan selalu kepala Anda secara berdisiplin. Ingatlah pernyataan yang dibuat oleh Thomas A. Edison: "Tujuan utama tubuh adalah membawa otak ke mana-mana". Penemu besar ini tahu bahwa di dalam pikiranlah, yang bekerja dalam keadaan tidak terlalu kepanasan, kita mendapatkan ide-ide, bukan dorongan hati. Dan dengan ide-ide yang mantap inilah kita atasi berbagai masalah.

2. Jadilah pemikir "bagaimana". Karena pemikir "bagaimana", tidak membuang-buang enerji pada hal-hal yang sudah terjadi ketika kesusahan atau bahkan bencana menimpanya. Ia langsung mencari solusinya. Ia bertanya kepada dirinya sendiri, "Bagaimanakah aku bisa menggunakan kemunduran ini dengan kreatif? Bagaimana aku bisa mengambil hikmah darinya?
Pemikir "bagaimana" dapat mengatasi berbagai masalah dengan efektif karena ia tahu bahwa nilai itu selalu sulit secara hakiki. Ia tidak membuang-buang enerji dengan berandai-andai melainkan langsung bekerja untuk menindak lanjuti "bagaimana".

3. Percayalah bahwa Anda bisa, maka Anda pasti bisa. Prinsip dinamis ini telah didemonstrasikan dalam kehidupan banyak orang percaya sehingga keabsahannya tak perlu diragukan lagi. Sangatlah penting Anda percaya bahwa Anda bisa, dengan pertolongan Allah, menghadapi serta mengatasi segala masalah. kata percaya dan bisa terpadu dalam kesatuan perbuatan yang kreatif. Kalau Anda percaya Anda bisa, maka Anda pasti bisa.

Inspiration : Norman Vincent Peale (Six Attitudes for Winners)


0 comments: